Cara Menghilangkan Malware Yang Bandel di Window 10

MP4U - Cara Menghilangkan Malware Yang Bandel di Window 10 - selamat malam sahabat setia MP4U semuanya .. jumpa lagi dengan saya hehe .. setelah beberapa jam lalu saya membuatkan postingan tentang Cara Mengembalikan Icon Battery Yang Hilang Di Taskbar Windows 10 dikesempatan ini akan berbagi tips sederhana yang mungkin sebagian besar sudah tau .. yaitu tentang Cara Menghilangkan Malware Yang Bandel di Window 10 ..



sebelumnya saya menyarankan untuk melakukan scanner malware dengan software yang bernama byteFence Anti-Malware .. namun taukah sobat ?? jika software tersebut saat selesai melakukan scanner harus di activate dan di upgrade ke versi pro .. dengan kata lain harus membeli yang versi berbayar .. namun ada cara lain yang menurut saya sangat ampuh .. yaitu dengan menggunakan software bawaan dari windows10 yang bernama Windows Defender .. untuk langkah nya simak panduan dibawah ini ..

Apa Itu Offline Scanner ??


Lupakan definisi online dan offline dalam dunia internet .. Offline scanner ( disebut Offline karena melakukan scanning diluar Windows ) .. Jadi proses scanning dan membersihkan malware dilakukan sebelum sobat masuk ke Windows ..

Kenapa Lebih Ampuh ??


Mayoritas malware memang bisa dibasmi langsung melalui scanning dari dalam Windows .. Tetapi beberapa malware ada yang sangat bandel dan mampu menyembunyikan diri saat proses booting atau begitu Windows berjalan .. Malware bandel tersebut sangat cerdik menyembunyikan dirinya hingga tidak terdeteksi saat di scan menggunakan antivirus / anti-malware di Windows ..

Tetapi dengan melakukan scanning sebelum booting ke Windows .. malware bisa terdeteksi tanpa sempat menyembunyikan diri .. Itulah kenapa Offline Scanner ini ampuh dalam menghilangkan malware yang membandel di Windows ..

Cara Menghilangkan Malware Bandel di Windows 10


Bagi sobat pengguna Windows 10 terbaru .. Windows Defender Offline sudah ditanamkan langsung kedalam Windows .. Sehingga untuk menjalankannya sangatlah mudah .. sobat tinggal buka saja Settings > Update & Security > Windows Defender > scroll kebawah lalu pilih Scan Offline



Setelah itu Windows 10 akan otomatis merestart dan proses scanning offline akan dimulai ( maaf tidak disertakan screen shot .. karena saat proses restart dan scanner tidak bisa di capture / di screen ) .. dan Proses bakal berlangsung selama 15 – 20 menit dan otomatis masuk Windows begitu seluruh proses selesai ..

nah, mungkin Dalam beberapa kasus mungkin Windows Defender Offline tidak bisa berjalan melalui cara diatas .. Untuk itu sobat bisa membuat bootable offline scanner menggunakan cara yang sama seperti di versi Windows lain dibawah ini ..

Cara Menghilangkan Malware di Semua Versi Windows


nah kalau untuk Cara ini bisa dilakukan di semua versi Windows populer saat ini .. mulai dari Windows 7, 8.1, bahkan termasuk juga Windows 10 .. Caranya adalah dengan membuat bootable Offline Scanner dari tool Windows Defender Offline .. Jadi siapkan USB flashdisk, CD, atau DVD, lalu download Windows Defender Offline .. untuk link download nya tidak saya sertakan .. sobat cari aja di google dengan kata kunci Download Windows Defender Offline 32-bit / 64-bit .. sesuaikan dengan kebutuhan sobat yang 32 bit atau 64 bit ..

setelah di download berikutnya jalankan dan buat bootable offline scanner dengan mengikuti wizard yang diberikan .. dan Pastikan sobat memilih media bootable sesuai dengan keinginan .. misal dengan menggunakan USB flashdisk .. atau bisa menggunakan CD / DVD jika mau ..

Dan ingat, semua konten di USB flashdisk tersebut bakal hilang karena akan diformat ulang .. Jadi jika ada data penting didalamnya .. copy dulu ya guys sebelum melakukan proses ini ..Setelah itu sobat hanya tinggal menunggu proses download dan pembuatan bootable Windows Defender Offline selesai ( sekitar 275MB ) ..

Setelah selesai sobat tinggal restart PC dan boot melalui USB flashdisk ( jika sebelum nya menggunakan USB Flashdisk ) yang berisi Windows Defender Offline tersebut .. dan Jangan heran jika ketika loading seolah - olah sobat akan masuk ke Windows .. Itu bukanlah OS Windows di PC sobat .. melainkan bagian sistem dari Windows Defender Offline .. Jadi proses scanning dan membersihkan malware bakal berjalan langsung dari sistem tersebut .. bukan OS Windows di PC sobat ..

Hal ini sangat penting dalam menghilangkan malware yang bandel .. karena malware bisa dibasmi bahkan sebelum sempat mengaktifkan diri .. dan Setelah proses quick scan selesai sobat bisa memilih untuk melanjutkannya dengan melakukan full scan .. atau langsung saja close Windows Defender Offline .. nanti PC akan merestart .. cabut USB flashdisk .. dan sobat akan masuk ke Windows seperti biasa .. Dengan cara tersebut sobat bisa menghilangkan malware di laptop / PC yang membandel ..

Offline Scanner Lain untuk Membersihkan Malware


Selain Windows Defender Offline yang merupakan buatan Microsoft .. masih ada juga berbagai Offline Scanner lain yang bisa sobat gunakan untuk semakin meyakinkan sobat bahwa PC / Laptop sobat telah bebas dari malware ..

Plus .. terkadang melakukan multi scanning seperti ini cukup bermanfaat .. karena tidak jarang satu scanner tidak mampu mendeteksi malware tetapi ternyata mampu dideteksi scanner lainnya ..

Maka Berikut ini saya berikan daftar Offline Scanner lain yang bisa sobat gunakan untuk melengkapi Windows Defender Offline :
  1. Eset SysRecue Live
  2. Kaspersky Rescue Disk
  3. BitDefender Rescue CD
  4. Avira Rescue System
  5. Trend Micro Rescue Disk
  6. Norton Bootable Recovery Tool
  7. eScan Rescue Disk
  8. Dr.Web LiveDisk

Selain berfungsi untuk menghilangkan malware yang membandel .. offline scanner dan rescue disk diatas juga bisa sobat manfaatkan untuk membersihkan malware yang membuat PC / laptop sobat sampai gagal masuk ke Windows ..

ok next .. saya cukupkan dulu perjumpaan malam ini .. mengenai Cara Menghilangkan Malware Yang Bandel di Window 10 semoga dapat membantu dan bermanfaat .. terimakasih sudah membacanya dari awal sampai akhir .. selamat malam .. selamat beristridua :D ber'istirahat dan sampai jumpa ..

Tag : #win10, #windows 10, #tips windows 10, #cara, #tips dan trik windows 10, #MP4U, #Cara Mengembalikan Icon Battery Yang Hilang Di Taskbar Windows 10, #info wind10, #cara ngilangin malware di win10, #cara menghilangkan malware bandel windows 10, #cara menghilangkan malware untuk semua jenis window, #Cara Menghilangkan Malware Yang Bandel di Window 10
 
Top
'
Loading...